19 Januari 2009

Tomy Seran Juara Nasional Kelas Terbang Junior

Jawa Timur akhirnya punya juara baru di kelas terbang junior (49 kg) versi ATI (Asosiasi Tinju Indonesia. Dia adalah Tomy Seran Pikareu Palue. Petinju Sasana Rokatenda Sidoarjo itu berhak menyandang sabuk juara nasional setelah mengalahkan Ichal Tobida (Pemda Lembata BC Kab. Lembata, NTT) dengan angka mutlak dalam pertarungan perebutan gelar yang lowong di Ring Tinju TVRI, Jakarta, Sabtu malam (17/1)
Tiga hakim juri seluruhnya memberikan kemenangan angka bagi Tomy, petinju kelahiran Atambua, 6 April 1983. Hakim A (Choky R.) memberikan nilai 98-93, hakim B (Edy Damri) dan hakim C (Oki Abi Bakrin) memberikan nilai sama, 97-93.
Pertarungan perebutan gelar itu terjadi karena juara bertahan sebelumnya, Yanus Emauri, kalah TKO di ronde ke-2 dari Denner Cuello (Filipina) dalam pertarungan nongelar sepuluh ronde pada 11 Januari lalu di Manila, Filipina. ”Karena Yanus Emauri kalah TKO, otomatis gelar juara nasionalnya lepas. Tomy berhak menyandang sabuk juara nasional yang baru,” kata Syarifudin Lado, promotor pertarungan di gelar Ring Tinju TVRI.
Meski gagal merebut sabuk juara nasional versi ATI, Ichal masih cukup beruntung. Sebab, kekalahan angka tersebut tak membuat sabuk juara nasional di kelas yang sama versi Komisi Tinju Profesional Indonesia (KTPI) harus dilepas. Ichal masih berhak menyandang sabuk juara tersebut.
Manajer Tomy, Damianus Vicentius Wera, mengatakan puas dengan penampilan Tomy. ”Saya puas dengan kemenangan yang diraih Tomy. Untuk itu, sesuai janji saya, Tomy akan saya tandingkan dalam perebutan gelar WBO International sekitar Maret nanti,” ucap Damianus.

Tidak ada komentar: