14 Oktober 2010

Darsim Berburu Gelar Nasional



Darsim Nanggala terus memburu gelar sabuk juara. Setelah memenangi pertarungan di Magelang dan Cilacap, pada 5 November mendatang petinju Sasana Amphibi itu kembali naik ring. Darsim akan bertarung melawan Tia Koswara dari Sasana Mandiri di Studio TVRI Jakarta.
Keduanya bertarung untuk menjadi yang terbaik di kelas welter (66,6 kilogram) dalam kejuaraan nasional versi ATI (Asosiasi Tinju Indonesia). Jika mampu meraih gelar, koleksi sabuk Darsim untuk 2010 ini bertambah menjadi tiga.
Nah, empat pekan menjelang pertarungan, duet pelatih Sasana Amphibi Beni Belonis-Lato Vegas mulai mengatur strategi latihan. Pasalnya, akhir September lalu Darsim baru saja bertarung di Cilacap. ”Waktu recovery kurang dari sebulan lalu bertanding lagi sebenarnya cukup riskan,” kata Beni Belonis kemarin (11/10).
Karena itu, pelatih berdarah Ambon tersebut mengagendakan peningkatan stamina dan fisik Darsim secara bertahap dalam minggu ini. Materi latihan jogging dan fitness saja sampai Senin (18/10) mendatang. ”Pokoknya ringan-ringan saja dulu. Kami tak ingin memaksakan,” ucap Beni.
Selain itu, Beni dan Lato mulai mengumpulkan video rekaman pertarungan Tia Koswara. Apalagi, petinju asal Bandung itu memiliki rekam jejak yang cukup bagus di kancah tinju profesional Indonesia. ”Yang kami tahu Tia Koswara itu petinju boxer. Jadi, mesti punya jab yang kuat,” terang Beni.
Untuk pertarungan uji coba bagi Darsim, Beni dan Lato mencoba menghubungi Sasana Arhanud, Sidoarjo. Selain memiliki sejumlah petinju amatir berkualitas, sasana yang terletak di Gedangan tersebut punya stok petinju melimpah.
Sementara itu, Darsim mengatakan bahwa kondisinya belum seratus persen fit. ”Kondisi kebugaran saya baru 70 atau 80 persen,” tutur petinju asal Cilacap tersebut. Darsim berharap dengan materi latihan bertahap dari para pelatihnya, saat pertarungan nanti dia bisa mencapai performa puncak. Selain Darsim, petinju asal Sasana Amphibi lainnya, Argasoka, akan bertarung melawan Dwi Amx dalam kejurnas ATI pada 26 November mendatang di TVRI Jakarta.

Tidak ada komentar: