13 Februari 2010

Sofyan Efendi Pilih Tantang Juara OPBF



Petinju Sofyan Efendi memilih bertanding ke luar negeri ketimbang bertanding di dalam negeri. Petinju Sasana Pirih Surabaya itu akan naik ring dalam kejuaraan Oriental and Pacific Boxing Federation (OPBF) di Jepang pada 16 Maret mendatang.
’’Sudah ada kontraknya. Sofyan siap berangkat untuk merebut gelar di sana (Jepang, Red),’’ kata pelatih Pirih Mudafar Danu kemarin (12/2). Dalam pertandingan tersebut, Sofyan menantang juara kelas terbang junior 49 kilogram versi OPBF, Katsuhiko Iezumi. ’’Saya sudah mempersiapkan Sofyan untuk bisa bertarung semaksimal mungkin dalam 12 ronde,’’ jelasnya.
Dia optimistis, Sofyan mampu meraih hasil maksimal dalam kejuaraan tersebut. ’’Ini kali keenam Sofyan menjajal tinju internasional. Meski belum pernah menang, saya yakin, dia jauh lebih berpengalaman dan tidak lagi gugup di panggung,’’ paparnya.
Selama bertanding di luar negeri, Sofyan belum pernah menang. Dia menuai hasil draw sekali saat melawan Steve Dimaisip di Filipina (13/10/06) dan kalah TKO pada ronde keempat saat menghadapi Bert Batawang di Filipina (24/2/07). Dalam empat pertandingan lainnya, dia kalah angka.
’’Saya tahu karakter pertarungan petinju Jepang. Mereka hanya panas pada ronde-ronde awal, tapi melempem di akhir pertandingan,’’ ujar Mudafar. ’’Karena itu, dalam kejuaraan tersebut, Sofyan saya sarankan untuk bertahan pada ronde awal dan menyerang di akhir ronde,’’ imbuhnya.
Dia juga menyatakan, turunnya Sofyan dalam kejuaraan itu membuat mereka terpaksa membatalkan pertandingannya lawan Heri Amol yang akan berlangsung pada awal Maret. ’’Pertandingan lawan Heri ditunda dulu. Kami coba lebih berkonsentrasi untuk pertandingan Sofyan di Jepang,’’ jelasnya.
Sofyan mengaku bahwa dirinya sedang berada dalam kondisi prima. ’’Ini bukan hal baru bagi saya. Tapi, saya berharap, dalam kesempatan ini, keberuntungan bisa berpihak kepada saya,’’ ungkapnya.

Tidak ada komentar: